Sabtu, 19 Oktober 2013

Kompetensi Lulusan Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara Universitas Airlangga

Karena administrasi negara itu terkait erat dengan kehidupan kenegaraan dan pemerintahan serta persoalan publik, maka telah diputuskan bahwa program studi dalam bidang kajian ilmu administrasi negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga ini dikelola di lingkungan Departemen Administrasi. Ini berarti bahwa dalam kajian kajian ilmu administrasi di Fakultas kita ini apa yang disebut administrasi itu akan lebih banyak dilihat dan dibahas sebagai proses politik; tegasnya sebagai proses implementasi (pelaksanaan) keputusan keputusan politik (yang berlangsung dalam atau dengan melibatkan aparat aparat resmi pemerintahan), serta persoalan-persoalan publik yang muncul. Berbeda dengan program  program serupa di Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik lain di Universitas Universitas lain, Program Studi Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga ini tidak akan banyak mengajarkan segi segi teknis administrasi; (program studi kita ini bukan program studi administrasi melainkan program studi ilmu administrasi); yang akan banyak ditawarkan adalah acara acara belajar dalam hal teori teori dan metoda metoda ilmu sosial dan ilmu politik yang relevan untuk menganalisis proses proses pengambilan keputusan dan kebijakan kebijakan publik serta proses proses pengendalian implementasinya.

     Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh para lulusan adalah :
1. Sarjana Ilmu Administrasi Negara yang berkemampuan sebagai analis dan sekaligus mampu merekomendasikan problem solving terhadap masalah administrasi dan manajemen pembangunan, kebijakan publik dan manajemen pelayanan publik.
 
2. Sarjana Ilmu Administrasi Negara yang berkemampuan sebagai administrator dan manajer sektor publik dalam bidang : manajemen pembangunan, kebijakan publik, dan manajemen pelayanan publik.
 
3. Sarjana ilmu administrasi negara yang berkemampuan sebagai ilmuwan dan peneliti di bidang manajemen pembangunan, kebijakan publik, dan manajemen pelayanan publik.